ANATOMI IKLAN CETAK

ANATOMI IKLAN

A) Judul Iklan (Headline)

     Di sebut HEADLINE yang artinya sebagai judul pesan iklan.
Headline berfungsi untuk menarik perhatian awal pembaca. Headline harus menarik karena bagian awal dalam judul iklan. headline diharuskan membuat orang tertarik untuk meilhatnya Headline yang menarik dapat menahan mata untuk berhenti sejenak melihat dan melakukan pencarian pada stimuli pesan yang lain.

Ciri-ciri Headline:

  1. Tulisan yang paling menonjol
  2. Kalimatnya pendek, bahkan tidak lebih dari banyak kata.
  3. Berisi kalimat yang mengandung kesan yang kuat sehingga menarik untuk dilihat dan membuat yang melihatnya menjadi penasaran.
Tidak semua iklan memiliki anatomi yang lengkap, bahkan ada beberapa iklan yang tidak menggunakan headline atau bagian dari anatomi lainnya.

B) Tagline (Slogan)

     Tagline adalah rangkaian kalimat pendek yang dipakai untuk mengasosiasikan sebuah brand (merek) atau perusahaan dibenak konsumen, Slogan dapat berarti satu makna atau lebih dari 2 makna. slogan juga bisa menjadi ciri khas dari setiap perusahaan.

contoh: "apapun makanannya minumnya teh botol sosro" (iklan teh botol sosro)
             "life is never flat" (iklan chitato)
             "karena hidup banyak rasa" (iklan kopi good day) dan masih banyak lagi tentunya.


C) Visual (Gambar)

   Visualisasi merupakan gambar reka bentuk yang dapat berupa gambar binatang, tumbuhan,benda mati, abstrak beraturan maupun tidak beraturan.

Visual berfungsi:
  • Menambah daya tarik iklan
  • Menjelaskan pesan yang disampaikan lewat gambar
  • Menguatkan pesan
  • Meningkatkan daya impresi dan persuasi iklan pada khalayak
D) Body Copy 

     Body Copy merupakan uraian iklan yang lebih detail dibanding tagline dan bagian anatomi lainnya, biasanya bagian body copy selalu ada pada setiap iklan.

E) Product Shot (Gambar Produk)

     Product Shotr adalah bentuk atau tanda bagi merek barang, biasanya terdapat berupa produk yang di taruh pada bagian iklan guna untuk menggambarkan fisik dari barang tersebut.

F) Base Line

     Baseline dalam iklan cetak biasanya untuk melengkapi komposisi dan tata letak dalam menaruh gambar, juga warna yang melengkapi bagian dari iklan tersebut agar terkesan lebih menarik untuk dilihat.

G) Kupon

     Kupon dalam iklan media cetak adalah bagian yang membuat orang tertarik pada iklan tersebut, contohnya adalah promosi dalam iklan tersebut yang bila. contoh "Buy 1 Get 2 free" itu adalah salah satu contoh yang bisa membuat orang tertarik untuk membelinya ketika melihat bagian kupon tersebut.

H) Flash

     Flash bagian dari iklan yang berfungsi untuk menonjolkan sebagian pesan iklan namun penting agar mendapat perhatian lebih besar di bandingkan bagian yang lain. Isi pesan biasanya tentang waktu, volume,tempat, pembatasan, tokoh penting,atau sifat tertentu penawaran atau sifat dari produk. Flash biasanya mencantumkan 2 atau 3 kata saja. Flash sebagai alat bantu mengarahkan mata khalayak guna menerpa bagian-bagian tertentu yang lain dalam iklan sehingga iklan yg dekat flash ikut di perhatikan. Flash dapat di letakkan di mana saja yang terpenting adalah aspek pengaturan komposisi dan proposisi.


ANALISIS SWOT IKLAN CETAK

Dari penjelasan diatas kalian sudah tau apa itu bagian-bagian anatomi dalam iklan cetak, berikut adalah contoh iklan cetak dan juga berdasarkan analisis SWOT anatomi iklan cetak.
salah satu contoh iklan kita ambil adalah iklan minuman soda FANTA.

                                                               contoh iklan cetak



1) STRENGTH (Kekuatan)

   Kekuatan iklan media cetak adalah efektifitas dalam penyampaian pesan cukup rinci sehingga orang dapat mengambil kesimpulan dengan mudah dari iklan tersebut. kelebihan lainnya adalah sangat ideal untuk menunjukan kemasan produk secara keseluruhan atau satu per satu. juga dapat dilihat oleh semua orang secara fisik.

Diatas terdapat sebuah gambar produk (Visual) fanta bermacam variasi yang menjadi kekuatan dari iklan tersebut dan memberikan ilustrasi dari produk tersebut sehingga orang bisa melihat bentuk fisiknya dari gambar. juga terdapat tulisan (Tagline) yang menjadi pesan yang ingin disampaikan.


2) WEAKNESS (Kelemahan)

Kelemahannya adalah surat kabar hanya dibaca sekali dan sudah tidak banyak orang yang membaca surat kabar karena kemajuan teknologi yakni dengan adanya iklan di media masa contohnya televisi, orang lebih suka melihat iklan televisi dibanding surat kabar atau iklan media cetak.

3) OPPORTUNITIES (Kesempatan)

   Kesempatan dari iklan cetak yaitu surat kabar adalah salah satu bentuk media informasi yang terpercaya karna pencetakanya di saring terlebih dahulu melalui validasi pusat berita. tentunya orang yang ingin mencari berita yang terpercaya dan takut hoax bisa mencari informasi dari media cetak dan itu kesempatan bagi iklan cetak untuk memasang iklan disurat kabar tersebut.

4) Threats (Ancaman)

   Ancaman yang dihadapi oleh media cetak adalah makin berkurangnya orang yang mencari informasi melalui media cetak, dan juga makin banyaknya pesaing yang produknya hampir sama dan menjadi kompetitor dalam bidang periklanan.




-Alfian Maulana Ikhsan-

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Public Relation Dalam Menangani Krisis Perusahaan