Profil Program Radio "Bens Radio" 106.2 FM



Bens Radio 106.2 FM 




“Betawi Punye Gaye Selera Siape Aje”

Tagline tersebut bukan asal diusung oleh radio ini. Sebab didalamnya terdapat kandungan makna mendalam yang menyangkut berbagai hal: gaya hidup, visi, misi, hingga filosofi.

Berawal dari keinginan yang dalam untuk tetap melestarikan budaya tradisi nenek moyangnya, seorang anak manusia yang saat itu sudah dapat dikatakan sebagai maestronya seniman, bercita-cita melahirkan sebuah radio siaran. Radio yang akan menjadi lebih dari sekedar media hiburan. Memiliki visi misi mengembangkan seni budaya Betawi, bisa menghidupi keluarga hingga anak buyut, juga menghibur seluruh warga Jakarta yang majemuk. Sungguh, sebuah cita-cita yang mulia.

Tak heran, berbagai kendala ditemui dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Namun berkat dukungan berbagai pihak, niat dan kesungguhan yang bulat untuk mewujudkannya, maka lahirlah Bens Radio pada tanggal 5 Maret 1990.

Sebuah badan berbentuk Perseroan Terbatas atau PT dipilih agar PT. Radio Bergaya Nyanyian Irama Sejati dapat menjalankan fungsinya secara komersial. Tetap eksis dan hidup dengan layak bahkan sejahtera dalam berbagai sisi, disamping tetap mengembangkan tujuan sebagai pelestari dan pengembang budaya Betawi.

Untuk menunjukkan bahwa Bens Radio memang radio Betawi, program siaran sekaligus acara off air yang selalu digelarnya, senantiasa menghadirkan nuansa kebetawian, termasuk menggunakan bahasa Indonesia dan Betawi dalam komunikasi sehari-hari, termasuk dalam menyapa pendengarnya. Agar senantiasa lekat di hati seluruh lapisan mulai dari Ncang, Ncing, Nyak, Babe, Mpok, Abang, dan juga None (yang sekaligus menjadi sapaan khas Bens Radio untuk pendengarnya, Se-Jabodetabek dan Sekenanye), sebagai istilah khas penyebutan jangkauan siar (coverage area) nya .

Namun mengingat keberadaan Bens Radio terdapat di sebuah ibukota negara, Kota Jakarta yang sangat majemuk, Bens Radio pun mencoba mengolah setiap program siarannya agar dapat diterima seluruh kalangan, menjadi “Selera Siape Aje”, tanpa kehilangan identitas sebagai “Radio Betawi Atu-atunye” .

Di jelang usia ke 29 tahun, Bens Radio ingin selalu menghasilkan karya terbaik, agar prestasi sebagai peraih penghargaan Radio Dengan Predikat Pendengar Terbanyak Se-Jabodetabek untuk kesekian kali sejak tahun 2000, versi Lembaga Survei AC Nielsen dapat terus dipertahankan.

Di tahun 2018 ini, Bens Radio 106.2 FM masih mengusung tagline “Bens Radio – Betawi Punye Gaye” sebagai positioning bahwa Bens Radio adalah radio Betawi atu – atunye di Jakarta. Yang menggambarkan kepada siapapun bahwa BENS RADIO termasuk kebudayaan betawi kagak bakal ade matinye, sehingga pendengar akan semakin bangga dan mantap menyimak juga mengikuti setiap program Bens Radio dengan balutan yang kreatif. Mitra kerja pun diharapkan semakin mengakui dan memanfaatkan eksistensi Bens Radio sebagai media radio paling tepat untuk mengkomunikasikan produk mereka.



Sejarah Singkat Bens Radio

Selain puluhan film yang diperankannya dan lagu yang telah diciptakannya, salah satu peninggalan Benyamin Sueb adalah Bens Radio. Radio yang di awal kemunculannya berada di gelombang AM 486 ini mulai mengudara pada bulan Desember 1990 bertujuan untuk memasyarakatkan budaya Betawi.

Sebelum mengudara di penghujung tahun 1990, Benyamin telah lama memimpikan untuk mempunyai radio yang sebagian besar materinya berisikan budaya Betawi. Impian itu kemudian terealisasi saat Bung Ben bertemu dengan rekan siaran baru, Fandi di Radio Arista, yang kini namanya berganti menjadi Kiss FM.

Seperti dikutip 'Kompor Mleduk Benyamin S', di tahun 1987, Fandi yang juga penggemar berat Benyamin menanyakan kepada seniman serba bisa itu, kenapa Benyamin tidak membuat radio sendiri. Dengan nama besar dan dana yang dimiliki, dia yakin, Ben mampu mendirikan radio sendiri.

"Ben yang sudah lama ingin punya radio sendiri menyambut ide tersebut dengan antusias. Tak lama sesudah pembicaraan awal tersebut, masih di tahun yang sama, Fandi dipanggil ke rumah Ben di Cinere untuk memberi perincian biaya dan persiapan yang diperlukan untuk membuat sebuah stasiun radio swasta."

Di awal mengudara, dalam sehari Bens Radio menerima 200 surat dari pendengar Bens Radio. Bahkan dalam watu dua minggu siarannya, Bens Radio telah menerima 250 orang yang mendaftar sebagai anggota fans club.

Kini Bens Radio yang berada di bawah bendera Etnikom berkembang menjadi suatu grup yang memiliki stasiun-stasiun radio di beberapa daerah di Indonesia. Perkembangan Bens Radio tidak lepas dari ide dan peran Biem Benyamin yang memimpin sepeninggal Benyamin.

Hingga kini, konsep, visi, dan misi Bens Radio masih belum berubah dari ide awal Ben, yaitu pelestarian budaya melalui media. Seiring dengan perkembangan zaman, Bens Radio terus berkembang dengan mengedepankan image sebagai radio berbudaya lokal yang berwibawa global.

"Hanya style kita Betawi sehingga dari presentasi musik kita punya kemudian bahasa tutur yang dibawakan oleh penyiar ada keharusan, kemudian insert, joke, itu semua bernuansa Betawi, itu yang mungkin tidak digarap oleh radio-radio lain."




Program Acara Bens Radio

1. Kopi Betawi (Komedi Pagi Betawi)

                                                  

Program acara Bens Radio salah satunya adalah Kopi Betawi (Komedi Pagi Betawi), program yang satu ini menjadi program harian setiap Senin sampai dengan Jumat Pukul 06.00 – 10.00 WIB. Acara ini menyajikan berbagai obrolan dan informasi yang bisa menemani pagi anda, juga cocok sambal ngopi.

2. Begaul (Betawi Gaul)  

                                                   


Menemani aktifitas abang none, program yang satu ini menyajikan berbagai macam lagu Pop Indonesia masa kini, juga info-info seru lainnya. Program ini biasa ditayangkan setiap hari senin sampai Jumat Pukul 10.00-13.00 WIB.


3. Betawi Ceplas Ceplos 

                                                   

Program yang satu ini menyajikan untuk lebih mengobrol dengan satu sama lain, dan juga bisa menitip salam bagi para pendengar yang menelpon. Acara ini biasa ditayangkan pada setiap Senin-Jumat Pukul 13.00-16.00 WIB.

4. Betawi Tulen (Betul) 

                                                   

Nah kalau yang satu ini program sore yang Bens Radio punya, Betawi Tulen menyajikan obrolan-obrolan seru dan juga informasi menarik, salah satunya informasi yang gak kelewatan. Program acara ini biasa tayang setiap hari Senin sampai Jumat pada Pukul 16.00-20.00 WIB.

5. Ngeronda 

                                                   

Program satu ini khusus menemani waktu malam hari, karena tayang hingga pagi dini hari, program satu ini menyajikan obrolan asik yang pas untuk menemani waktu anda. Acara ini biasa tayang pada hari Senin – Jumat Pukul 23.00-02.00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANATOMI IKLAN CETAK

Peran Public Relation Dalam Menangani Krisis Perusahaan